New Avanza berdengung

Setelah ganti Ban dan sporing serta balancing beberapa hari yang lalu tiba-tiba si new avanza berdengung saat melaju di jalan tol dengan kecepatan 60-80km/jam. Ketika kecepatan di turunkan pada 40km/jam suara dengungnya hilang, ada apa ya?

Mobil New Avanza 2012 berdengung saat melaju di jalan tol dengan kecepan 60km/jamLangsung bawa dah ke bengkel langganan yang bukan Beres alias bengkel resmi, ya bengkel kampung lah murah meriah tapi puas karena bisa liahat langsung dan beli sendiri apa yang di butuhkan oleh mobil kita.

Setelah ke 4 roda nya di dongkrak dan di cek satu persatu nampaknya semua masih oke, lalu sang mekanik mengecek center bearing atau kopling gantung di bagian bawah mobil, menurutnya ini yang bermasalah karena aus atau sudah saatnya ganti.

Avanza berdengun karena center bearing rusak atau bearing roda

Ternyata cari onderdir center bearing avanza ini bukan perkara mudah, apalagi habis lebaran toko-toko belum pada buka. Pengennya yang ori biar awet dan tahan lama, kebetulan di toko langganan habis dan di sarankan pakai buatan jepang dengan merk Joint Fuji kode 37230-BZ010 dengan harga Rp 350.000,-

Kopling gantung atau center bearing avanza berdengung

Saat di coba ternyata center bearing fuji jepang ini tak cocok karena lebih tebal, akhirnya cari lagi dan di tawarkan buatan lokal/imitasi dengan harga lebih murah, dan ajaibnya yang ini malah persis seperti aslinya.

center bearing new avanza rusak bikin mobil berdengung

Tapi karena ini vital dan takutnya tidak awet akhirnya tetap harus nyari yang asli dari astra dengan harga Rp 1.250.000, lumayan mahal ….

Saya pikir buat keamanan ngapain perhitungan, keselamatan yang utama. Akhirnya center bearing ini pun dapat setelah toko langganan menghubungi rekannya dan minta dikirimkan center bearing yang asli dari astra motor.

Center bearing avanza yang asli mahal sekali

Asli atau tidak hanya si penjual dan Tuhan yang tau, harapan saya sih semoga mobil segera normal dan dengungnya segera hilang.

Pada saat di pasang memang terasa beda yang asli ini dengan yang buatan jepang, yang asli langsung klop dan pas di dudukannya dan tidak perlu ribet pemasangannya. Setelah terpasang sekalian dah ganti oli gardan/persnelling dan Fanbelt New Avanza seharga 110rb biar suara dari kap mesinnya kedengaran lebih halus.

Fan belt avanza ganti biar halus dan aman di perjalanan

Beres … saatnya bayar ongkos pasang dan langsung capcus ke rumah, perseneling mobil terasa enteng dan semoga besok suara dengungnya hilang.

Harapan tinggal harapan ternyata pagi hari saat meluncur di jalan tol dari pasar rebo ke lebak bulus, di tengah jalan suara dengung itu datang lagi … hadeh ….

Nampaknya memang bearing bannya ini yang harus di ganti, sayang duit sudah habis, terpaksa nabung dulu dah …

Biaya-biaya :

  • Center Bearing Toyoto astra motor : Rp 1.250.00.-
  • Oli gardan : Rp 1150.000,-
  • Fan Belt : Rp 110.000,-
  • Jasa montir : Rp 200.000,-

Update disini :

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s