Bunyi klotok klotok di Yamaha Nmax 2017

Yamaha Nmax 2017 saya beli November tahun 2017 tentunya dengan harapan motornya akan nyaman dipakai serta awet tahan lama. Mengingat harganya bukan murah ya di angka 28 jutaan, tentunya kualiatasnya bedalah dengan harga motor 15 jutaan.

Dari beli sampai sekarang hampir 3 bulan (900 km) selalu saya pakai motor ini sendirian, tidak boncengan, dan 2 hari yang lalu saya coba bonceng dengan istri serta anak. Awalnya sih nyaman saat di jalan beraspal bagus, tapi saat di jalan makadam, jalan yang belum di aspal tiba tiba terdengar bunyi klotok klotok seperti ada sesuatu yang menghantam body motor.

yamaha nmax klotak

Beberapa kali juga terdengar bunyi klesak klesak seperti suara ban bergesekan dengan spakbor, suaranya hanya sesekali ya … tapi sangat mengganggu dan membuat saya dan istri khawatir, takut mesinnya rontok atau bannya copot dll. Heran juga … Kok bisa motor baru seperti ini …

Setelah melewati jalan makadam masuk ke jalan beraspal mulus suara ini hilang, tapi sesakali masih terdengar saat kecepatan rendah.

Takut tambah parah … akhirnya bawa ke bengkel resmi Yamaha (beres) di Ujung Berung tempat si Yamaha Nmax ini saya beli.

yamaha nmax bandung

Begitu sampai beres Yamaha Ujung berung kebetulan lagi sepi dan motor langsung di tangani mekaniknya, saya sampaikan keluhan kalau ada suara klotok klotok saat kecepatan rendah di jalan jelek.

Sama mekanik di lakukan pengecekan dengan cara menekan shockbreker berulang ulang sambil memegang handle jok nya. Katanya tidak ada masalah dan di coba di bawa mutar-mutar ke belakang bengkel, tetap tida menemukan masalah. Itu hanya karena shockbrekernya yang keras jadi bunyi … itulah kesimpulan sang mekanik.

Saya tetap bersikeras bahwa ada masalah di motor Yamaha Nmax 2017 ini, karena bunyi klotoknya sangat mengganggu, sang mekanik pun memanggil mekanik seniornya dan di bawa mutar mutar. Katanya ngga ada masalah … jadi yang masalah telinga saya gitu kah?

Akhirnya saya minta ganti oli gear aja, pengen liat apakah normal atau hitam pekat … ngga ada masalah, normal aja.

Ya sudahlah … servis ringan aja, ganti oli mesin dan oli gear. Mungkin harus ke bengkel kampung kali baru ketemu masalahnya …

biaya servis nmax

Lucunya lagi saat saya tanya pernah ada masalah ngga dengan motor Nmax lain, jawabnya “ngga pernah pak nemu disini, aman-aman aja … ” Ya lah … berarti berita berita kalau motor Yamaha Nmax berbunyi klotok klotok itu ngga bener ya …? Iya aja dah …

— o0o —

security-jaket-kaporlap

10 thoughts on “Bunyi klotok klotok di Yamaha Nmax 2017

      1. Rudi Candra Batam.
        NMax 2018..keluhan sama bunyi klotok klotok saat kecepatan rendah jln tanah..sdh di cek semua..hasil sama..msh bunyi

        Like

  1. Sy jg alami hal yg sama biasanya bearing yg di gearbox 6204 sama 6301 sy udh ganti dari yg ori sampai yg merk lain tapi tetep aja bunyi klotok2

    Like

  2. Bang.. coba di lepas spakbor depan, trus tes di jalan rusak.
    Saya tes lepas spakbor depan.. bunyi klotok klotok ilang.
    Kesimpulan sementara waktu sok depan naik-turun terjadi gesekan di baut dudukan spakbor depan.
    Sya lagi coba bikin 4 biji bos dudukan baut spakbor dari karet.
    Nnti di posting lagi hasilnya

    Like

  3. Sepertinya ban belakang agak pilasa, atau pemasangan ban belakang tidak center dgn velg. jadinya piringan cakram/baut pada piringan cakram sedikit menghantam rem blkng. mungkin seperti itu.
    coba motor di standart 2 dan di gas, apakah ban blk sedikit oblak?

    Like

Leave a comment